Kamis, 14 Februari 2013

Bos Mobil : J.R.D Tata


J.R.D Tata merupakan pendiri dari salah satu pabrikan mobil terbesar asal negeri Hindustan India, Tata Motors. J.R.D dilahirkan di Paris, Prancis pada tanggal 29 July 1904. Beliau mengawali karirnya di Tata Group (Tata & Sons) pada tahun 1925 sebagai pegawai magang, dan pada tahun 1938 saat usianya 34 tahun Ia diangkat sebagai Bos utama Tata & Sons menggantikan sang paman Nowroji Saklatwala

Dibawah kepemimpinannya Tata & Sons yang banyak bergerak dibidang peleburan baja, Engineering, Power, Chemicals dan Hospitality memperoleh kenaikan laba dari 100 juta dollar hingga lebih dari 5 miliar dollar (US). Pada tahun 1945 ia mendirikan Tata Motors sebagai bagian dari Tata Group yang bergerak dibidang otomotif. Pada awalnya Tata Motors berfokus pada perakitan Lokomotif, lalu pada tahun 1954, atas kerjasama dengan pabrikan mobil asal Jerman Daimler-Benz AG barulah melahirkan mobil komersil pertama mereka yang berupa mobil truck. 

J.R.D Tata mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bos Tata Group pada tahun 1991 dan di gantikan oleh Ratan Tata. J.R.D Tata meninggal dunia pada tanggal 29 November 1993 diusia 89 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar