Selasa, 19 Februari 2013

Bos Mobil : Enzo Anselmo Ferrari




Enzo Anselmo Ferrari merupakan pendiri pabrikan mobil berlambang kuda jingkrak yang sangat kental dengan nuansa sporty, kecepatan, keanggunan, kemewahan serta warna merahnya, Ferrari.

Enzo dilahirkan di kota Modena, Italy pada tanggal 18 Februari 1898. Ia dikenal sebagai seorang anak yang penyendiri, namun mampu memotivasi orang-orang disekelilingnya untuk berbuat yang terbaik guna mencapai tujuan yang ia harapkan. Obsesinya pada mobil sport sejak kecil adalah awal dari apa yang telah ia hasilkan kini.

Karirnya dimulai pada sebuah perusahaan kecil yang bernama CMN (Costruzioni Meccaniche Nazionali) yang merombak mobil-mobil truk tua menjadi sebuah mobil penumpang. Lalu pada tahun 1920 ia pindah ke pabrikan mobil Alfa Romeo dan bergabung sebagai pembalap dalam racing team yang dimiliki Alfa. Hebatnya Enzo menjadi salah satu pembalap andalan Alfa Romeo dan sukses memenangi berbagai tropi.

Kecemerlangannya membuat ia dipercaya untuk memanage pengembangan mobil-mobil Alfa Romeo sekaligus membangun sebuah team balap dengan personil sebanyak 40 orang lebih.

Dengan bekal pengalaman yang ia dapatkan selama bergabung di Alfa Romeo, Enzo Ferrari kemudian membangun sebuah team sendiri dengan nama Scuderia Ferrari. Team ini masih mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Alfa Romeo hingga tahun 1933.

Dan pada tahun 1947, Enzo Ferrari resmi mendirikan sebuah perusahaan yang memproduksi mobil-mobil konvensional (street legal Vehicle) dengan nama Ferrari S.p.A. 

Enzo Anselmo Ferrari meninggal dunia pada tanggal 14 Agustus 1988 di kota Maranello pada usia 90 tahun.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar